Wednesday, January 2, 2013

Vitamins khusus MB

Percaya atau tidak bahwa MB/ insectivores lainnya membutuhkan Vitamin B-Complex lebih banyak daripada vitamin yang lain. Kenapa Vit B-Complek dibutuhkan MB? Vitamin B complex mengandung:Vitamin B1 yang berfungsi untuk membantu tubuh MB mengolah carbohidrat menjadi energi dan juga penting untuk jantung, otot, system saraf.
Vitamin B2 yang juga berfungsi untuk mengolah carbohidrat menjadi energi memproduksi sell darah merah dan juga penting untuk penglihatannya. Vitamin Vitamin B6 yang berfungsi untuk membantu memproses protein yang dimakan MB sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh dan juga membantu produksi sell darah merah.
Vitamin B9 yang berfungsi untuk memproduksi sell darah merah juga dan DNA.
Vitamin B12 akan membantu menambah nafsu makan dan penting juga untuk system saraf supaya bekerja dgn baik. Jadi overall Vit B-complex akan memperlancar peredaran darah di tubuh dan otak dan memelihara system saraf

Pililah Vit B complex yang juga mengadung BIOTIN. Biotin akan membantu proses pertumbuhan bulu terutama pada ekornya. Biotin Biasanya dipakai untuk Kuda supaya pertumbuhan kuku lebih baik. Untuk manusia bisa digunakan untuk rambut kita supaya tidak mudah rontok dan tumbuh dgn baik. Biotin adalah juga bagian dari Vitamin B complex.
B-Complex juga bisa digunakan untuk menekan stress sehingga burung yang macet bisa lebih cepat bunyi. Jangan menggunakan obat obat laiin yang ada dipasaran karena kita tidak tahu apa isi sebernarnya. Jangan mudah percaya composisi yang ada di kotak kemasan. Bisa juga mengadung bahan kimia lainya yang sifatnya DOPING supaya burung bunyi.. tapi hanya untuk sementara waktu saja. Asal sekarang bunyi anda senang. Banyak supllements di pasaran Indonesia yang kemasannya asal asalan sehingga kandungan nutrisinya udah usang.
Vit B complex bisa digunakan untuk hampir semua gejala sepeti burung lesu, nafsu makan berkurang, mental drop, kejang kejang, atau tiba tiba lumpuh (seperti stroke), dll.
Tidak hanya Vit B-complex yang diperlukan MB tapi juga multivitamin, mineral mineral dan tentu saja free form amino acids. Burung yang disangkarkan khususnya MB biasannya mendapatkan makanan sesuai apa yang diberikan oleh perawatnya dan tentu saja sangat terbatas. Di Habitat aslinya, MB bisa makan serangga sepuas-puasnya. Banyak dari Pecinta MB di tanah air hanya memberikan kroto, ulat HK dan jangkrik saja. Tentu saja tidak cukup. Dan banyak penghobi burung yang hanya bisa merawat burung yang pokonya gacor dan kalo sakit bingung obatnya. Kan lebih baik mencegah daripada mengobati. Teman teman, oleh sebab itu kita harus memberikan vitamins dan minerals dan juga amino acids.
Vitamin E.. sangat baik untuk mengkilapkan bulu bulu dan memacu birahi pada MB. Saat yang paling tepat pemberian vitamin E adalah pada saat mabung. Terlalu banyak pemberian Vitamin E bisa mengakibatkan false molt/ mabung tidak pada waktunya. Jika MB anda mengalami problem bulu (tidak mau mabung pada waktunya), anda bisa mengaplikasikan teknik ini. (tapi gak jaminan 100% bisa)

Nah.. itu terserah anda semua. kelihatnnya sih burung burung MB kita manja manja dan kita menjadi slave-nya MB.. tapi.. kalo berani memelihara ya itu consequence-nya.



  1. VYDEX VITASOL buatan Inggris. Multivitamins yang complit. temasuk di dalamnya adalah minerals, free form amino acids, calcium, vit c, dll.
  2. VYNKA buatan Jerman. Multivitamins yang juga lumayan komplit (tidak sekomplit Vydex VITASOL). Mengandung cukup bagus multivitamins tapi tidak mengandung minerals dan free form amino acids. Anda bisa beli di toko penjual pakan burung (cari yang tokonya besar dan bermodal) karena harganya relatif mahal.
  3. B-COMBION DROP untuk BAYI. Belinya di apotik
  4. Vitamin E (natural E) belinya juga di apotik
  5. INNOVATIVE NATURAL PRODUCT B-Complex (tidak lagi menggunakannya karena habis).
  6. INNOVATIVE NATURAL PRODUCT Minerals dan free form amino acids buatan USA. (tidak menggunakan lagi karena udah pakai Vitasol yang complit).Mineral, kalo amino acids? Amino acids biasanya digunakan oleh para bodybuilder. Amino acids adalah molecul molecul dari protein yang udah di olah sangat mendasar sehingga bisa langsung diserap oleh tubuh tanpa melalui system pecernaan yang panjang. Sehingga hasilnya pembentukan otot dan daging tanpa lemak.
Mineral dan asam amino acids ini tidak begitu perlu karena bisa didapat dari EF yang bervariasi yang dimakan oleh MB.
Anda bisa membelinya di toko toko penjual supplements seperti GNC store.

Untuk MB sehat:
Multi vitamin vitasol (kira kira banyaknya sebiji jagung) ditambah 30-40 drops vitamin B-complex. berikan 3 kali seminggu bergantian hari. mis: senin, rabu, sabtu sebanyak kira kira 1/2 tetes disuntikkan ke jangkrik.

Untuk MB trotol:
Multivitamins Vitasol (kira kira banyaknya sebiji jangung) ditambah 40-45 drops. Berikan 3 kali seminggu dan ditambah 1x seminggu B-complex aja. Mis: senin, rabu, jumat, dan + sabtu sore (hanya B-complex saja). Takaran sama 1/2 tetes per serving/day.

Untuk MB sakit (bukan sakit diakibatkan infeksi atau terkena infeksi bacteria):
Pada pertolongan awal berilah 1/4cc (5 tetes) langsung ke mulutnya atau kalo masih mau makan bisa disuntikan ke jangkrik sampai 1/4cc tadi dan MB nya harus memakannya sampai habis dalam sekali proses cerna. Artinya entah gimana caranya anda memberikan makan pada intinya 1/4 cc harus masuk ke tembolok dalam waktu singkat sehingga bisa di proses bersamaan. Biasanya MB akan menunjukan gejala membaik dalam tempo beberapa jam sampai sehari. Selanjutnya takaran di berikan seperti burung waktu mabung sampai fit betul dan sesudahnya takaran kembali seperti burung sehat.

Untuk MB mabung:
Multivitamin Vitasol (kira kira banyaknya sebiji jagung) ditambah 30-40 drop B-Complex. berikan 4-5 kali seminggu dgn takaran 1/2 tetes disuntikkan ke jangrik. Dan juga B complex saja 1-2 kali seminggu. Jangan lupa Vitamin E disuntikkan ke jangkrik 3 kali seminggu. Bisa bersamaan dgn pemberian multivit+b-complex atau bergantian hari.



Referensi Situs Murai Batu:

1.http://www.shama.com.sg situs ini paling top n lengkap koleksi by david de sauza
2.www.kolkatabirds.com
3.www.botany.hawaii.edu
4.www.lavoliere.com
5.bna.birds.cornell.edu

1 comments:

Unknown said...

beli vydex vitasol dmn bos??

Post a Comment

 
 
Copyright © seputar info burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo